Sunday, March 13, 2011

My first Post

Alhamdulillah,,, Untuk pertama kalinya, akhirnya saya bisa "ngeblog", meskipun baru belajar,,

dan ini adalah posting pertama saya...

Pada posting kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang rangkaian elektronika yang sebelumnya saya dapat skematiknya dari browsing, kemudian coba coba buat,, dan Alhamdulillah bisa....

Mungkin ada dari teman-teman juga memiliki hobi utak atik elektronika, khususnya yang berhubungan dengan elektronika daya. Nah, saya akan sedikit share nih..(soalnya juga masih belajar :-)

 Inverter 24 V DC ke 440 Volt AC
      Awalnya cuma iseng bikin inverter ini tapi ternyata bermanfaat juga lho,,
      cuma dengan aki mobil 2 x 12 Volt, bisa untuk menyalakan lampu TL 18 W + lampu SL 65 W
      so, pemadaman listrik udah bukan alasan lagi untuk gak belajar ( alesan adik saya kalau pas mati lampu)
       Berikut gambar rangkaiannya, saya buat dengan software eagle..

     
     Nah, jika sudah jadi dan di plot ke tampilan pcb maka hasilnya seperti ini,,

gambar berikutnya adalah susunan komponen yang sudah sesuai dengan plot pcb diatas 


 komponen yang digunakan tidak terlalu mahal dan masih banyak tersedia di toko komponen tentunya, so tenang aja teman...

KOmponen utamanya adalah IC 4047 yang memiliki 2 buah output Q dan Q\ output dari IC 4047 memicu Transistor BC 141 dan BD 243.
Output dari Colectror BD 243 dihubungkan lansung ke Trafo CT 12 atau bisa menghubungkannya ke transistor 2N3055 baru kemudian ke Trafo tersebut. Frekuensi outputnya dapat diatur dengan potensiometer.

Komponen untuk Inverter 4047:
1. IC untuk switching : IC 4047 DIL 14 pin
2. Resistor
            R1 dan R2     : 470 Ohm atau bisa juga dengan 100 Ohm
            R4                 : 100 Ohm
            R5                 : 10    Ohm
3. VR   R3                 : 250 K potensiometer mono
4. Kapasitor
             C1                : 2200 uF Elco
             C2                : 104 pF Milar atau yang jenis MKM
5. Q1 dan Q4            :  Transistor NPN BC 141
6. Q2 dan Q3            :  TransistorNPN  BD 243, Pasang Heatsink 
                                    pada sisi belakangnya
7. Trafo 12 V CT 5 A atau 10 A (atau lebih besar lagi)
8. LED 5W,, warna bebas.
9. Dioda 2 Ampere
10. Con Ptr 500/pin 2  :  2 buah (dipasaran disebut pin ) 
11.Fuse atau Sekering 5 Ampere 1 buah
12. Aki Mobil (12 Volt 60 Ah) 1 buah. (untuk menghasilkan output 440 V 
      maka bisa diseri dengan 1 buah aki lagi )


Baik,,,selamat mencoba dan bereksperimen teman...

                                   '' semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat ''


4 comments:

  1. siip mas rezon, tulisannya bagus..
    ayo posting lg lebih banyak...
    kunjungi blog saya jg ya:
    http://dark.of.wizard.students-blog.undip.ac.id

    ReplyDelete
  2. mantap brur, ayo saling berbagi ilmua. . .
    blog saya dikunjungi juga ya. . .
    http://nasution-mfadli.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. suangar wes... aku
    kunjungi swanwawan.blogspot.com

    ReplyDelete